Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Perkembangan Android VS Blackberry di Indonesia

Written By azzam world on Selasa, 24 Januari 2012 | 22.26


Perkembangan Android VS Blackberry di Indonesia



Masih seputar pertarungan antara Android melawan Blackberry di indonesia, Walau masih menjadi primadona di indonesia bukan berarti Blackberry tidak ketar ketir menghadapi gempuran dari Android. Blackberry bak kebakaran jenggot menghadapi banjir ponsel Android dipasar Indonesia. Boleh dibilang meskipun belum mampu menggusur Blackberry sebagai  penguasa pasar smartphone di Indonesia, Android terus merangsek dan merajalela berkat maraknya produsen smartphone besar dunia yang merilis seri-seri baru. Tidak hanyaitu, Blackberry juga sedang bermasalah dengan pemerintah indonesia terkait regulasi yang ditetapkan pemerintah yang harus dipatuhi oleh RIM sebagai produsen Blackberry.


Blackberry dan Android adalah dua platform mobilephone yang bersaing ketat di pasar smartphone, saat ini. i-phone-4s-nya Apple, gimana? Untuk pasar smartphone di Indonesia, iPhone kurang bisa bersaing. Bukan karena kualitas iPhone jelek , justru sebaliknya Sangat bagus , walai akhirnya bisa dikalahkan juga oleh Samsung Galaxy S2. I Phone terlalu mahal sehingga kurang mendapatkan simpati oleh user di indonesia. Bayangkan untuk mendapatkan 1 buah i-phone-4s bisa seharga 1 unit macbook nya APPLE, atau 4 atau 5 Android Galaxy mini. Hal ini lah yang membuat I phone kurang mendapatkan simpati walau Dengan harga segitu kitapun tetap mendapatkan kualitas yang terbaik pula.

Berbeda dengan sepak terjang Produsen smartphone dan tablet  Android menggeber produknya secara agresif berbuah dan perlahan tapi pasti menarik animo masyarakat terhadap smartphone , sebut saja  ada Samsung, LG ,Sonny Erricson . ZTE , Huawei  . bahkan karena android pulalah yang membuat Samsung menjadi produsen smartphone no 1 dunia , yang dulu selama bertahun - tahun di pegang oleh Nokia  yang sekarang bekeja sama dengan Microsoft melahirkan Windowsphone  . Data dari beberapa lembaga survei menunjukkan ponsel Android terus menggoyang dominasi Blackberry dan iPhone di pasar smartphone.

Semua produsen smartphone dunia  ikut andil melempar Android ke pasar Indonesia. Hebatnya, hampir semua segmen menjadi sasaran ponsel Android ini. Di segmen low end umumnya gencar diserbu vendor lokal mulai dari IMO, Tiphone, Nexian dan lain- lain. Sementara vendor papan atas lebih memilih menyisir pasar menengah ke atas. Samsung adalah salah satu vendor penyedia Android yang tergolong paling sukses di Indonesia. Bahkan, berdasarkan data dari Growth from Knowledge (GfK) per Agustus 2011, vendor Korea tersebut berhasil menguasai 84,3 % pasar Android di Indonesia. Tak berlebihan, karena Samsung memang rajin
menelurkan Android yang menyasar semua segmen. Jajaran keluarga Galaxy- nya laris manis bak kacang goreng dan menguasai pasar smartphone. LG dan Sony Ericsson mencatat penjualan cukup baik meskipun tak semanis Samsung.
Besarnya gempuran Android di indonesia , tetap tidak bisa dipungkiri jika Blackberry masih menjadi yang terlaris di pasaran. tentunya teman temnan masih ingat dengan insiden launching Blackberry Belagio di sebuah mall terkemuka di Jakarta. Blackberry dengan harga setengahnya dari harga aslinya. Dan Alhasil karena launching tersebut tidak berjalan dengan baik karena banyaknya animo dan panitia tidak mampu mengatasi sehingga timbul jatuh korban dan memaksa polisi menghentika acara launching tersebut. Berita ini langsung menjadi headline di sejumlah media massa elektronik maupun surat kabar, Lokal maupun internasional.
Sejumlah tindakan telah dilakukan oleh RIM untuk bisa mengembalikan kejayaannya di Pasar Dunia  dan mempertahankan di Indonesia, termasuk dengan merilis OS 7 dan Blackberry 10 yang katanya bisa menjalankan sejumlah aplikasi android. ( ini namanya mendompleng ). sejauh ini belum ada peekembangan yang signifikan dari hasil inovasi Oleh RIM, yang ada adalah di pecatnya 2 CEO pendiri RIm dari kekuasaannya sebagai CEO.


diakui atau tidak Blackberry mulai terpukul mengenai ini. Jika tak terselamatkan oleh gengsi dan keberadaan Blackberry Messenger (BBM) yang sudah membentuk jaringan dan komunitas tersendiri, Blackberry bisa tergusur lebih cepat di Indonesia.Bahkan peluncuran beberapa seri baru Blackberry di negeri ini gaungnya tak sedahsyat dulu. Di forum- forum internet, mulai banyak yang membicarakan fitur Blackberry yang tak
mampu bersaing dengan Android....YA Iyalah.. APP WORLD takan bisa bersaing dengan Android Market.

Berikut 6 Alasan kenapa Android jauh lebih baik dari  Black berry

1. Performance

-BlackBerry: cepat dan stabil. Tapi kadang terjadi phone-hang yang mengharuskan Anda mengeluarkan baterai dari tempatnya dan yang paling menyebalkan adalah proses re-boot: 3-8 menit!aduh tolong deh...sampai kapan menunggu kalau kayak begini, mending ga boros batrenya karena reboot,yang ada jam pasir terus ^_^

- Android: Sangat cepat. Belum ada keluhan tentang phone-hang yang mengharuskan baterai keluar dari tempatnya, kecuali jika ingin ganti SIM card. Proses re-boot berlangsung cepat.Paling lama 35 detik, saat saya tes dengan android zte smartfren wide saya





2. Baterai

- BlackBerry: umur baterai BB memang luar biasa. Ya, wajar saja karena BB tidak banyak melakukan proses berbagai aplikasi seperti pada Android. Tapi akan sangat boros saat proses pencarian dngan ditandai jam pasir..siap siap ridur dulu sampai loading nya selesai.

- Android: tergolong boros, tapi kadang bisa sampai satu hari. Tapi harus diingat bahwa ponsel Android memakai baterai untuk BANYAK hal. Contohnya jika Anda memakai ponsel Android untuk browsing web atau nonton video sampai 1 jam, pastinya itu membutuhkan daya baterai lebih. Dan, bisakah BlackBerry melakukan hal yang sama selama itu?





3. Email

- Blackberry: email pada BB memang menjadi andalan RIM. Gmail pada BB pun telah dioptimalkan fungsinya, tapi tentu saja tidak sebaik pada Android.

- Android: apa yang Anda ragukan dari Gmail buatan Google yang dijalankan pada Android yang juga buatan Google?

4. User Interface (UI)

- Blackberry: membosankan, done.

- Android: Anda bahkan tidak akan merasa lelah untuk menjelajah setiap sudut ponsel Android. Dijamin.

5. Web Browsing

- Blackberry: sangat melelahkan, Anda harus mengakui itu.

- Android: disinilah letak kelebihan Android. Android menjadi pemenang jika dibandingkan dengan semua mobile OS. Jika membandingkan web browsing pada Android dengan BlackBerry, seperti siang dan malam saja. Jauh berbeda.




6. Aplikasi

- Blackberry: BlackBerry memang memiliki segudang aplikasi, tapi di saat yang sama iPhone juga semakin jauh meninggalkan BlackBerry. Jadi lebih baik melihat apa yang bisa dilakukan BlackBerry untuk menyusul ketertingalannya di belakang iPhone OS dan Android.

- Android: Semakin banyak aplikasi yang dulunya hanya ada di iOS, kini sudah ada versi Android-nya. Pesaing sebenarnya dari Android adalah iPhone, bukan BlackBerry.

Keunggulan Blackberry

Segi Aplikasi dan Penggunaan


1. BBM (Blackberry Messenger) merupakan salah satu fitur yang dicari oleh pengguna Blackberry , inilah yang masih menjadi andalan dari produk ini . BBM mampu membuat chatting kita nyaman dengan tidak hanya menyediakan fungsi chatt type, namun juga send type dan rekaman sebesar 10Kb – membantu sekali saat sedang tidak bisa mengetik pesan dan tinggal merekam ucapan sekitar 5 Detik dan mengirimkan kepada lawan chat kita. Ditambah lagi kemampuannya yang mendukung YM , dan GTalk.



2. Push e-mail. Inilah yang paling menjadi keunggulan dari BlackBerry, kita bisa meng-akses e-mail lebih mudah dengan ini. Para profesional masih mengandalkan Blackberry untuk aktivitas ini , fungsi ini menjadi lebih berguna ketika seseorang mempunyai banyak kolega yang mengharuskan tindakan cepat dalam merespon email .


3. Penggunaan Internet yang didukung teknologi Wi-Fi sehingga bila kita tidak ada pulsa , kita bisa memanfaatkan fitur Wi-Fi ini . Ditambah lagi tampilan Facebook dan Twitter Blackberrynya menarik dan loading cepat menjadi andalan tersendiri.


4. Terdapat fitur GPS yang memungkinkan kita men-trackback diri kita bila dalam keadaan tersesat. Ditambah lagi Fungsi geotag pada Blackberry ber-GPS, yang dapat membantu anda meng-upload foto yang yang berisi informasi lokasi foto diambil, bisa dibuat teka-teki, kemana rekan kita berada dengan mengecheck lokasi GPS melalui informasi Geotagnya.


5. Fungsi telepon dan organizer sama baiknya dengan smartphone sekelas nokia or WM6


6. Fungsi Autotext, anda tinggal mendefine keyword lalu mengasosiasikan dengan isi pengganti yang biasanya berisi text/character yang panjang, dan digunakan dengan mengetikan keyword, maka isi pengganti akan menggantikan keyword tersebut. Semisal, anda mendefine autotext home, ketika anda ketik, digantikan dengan alamat lengkap, RT / RW , kode pos dan sesuai keinginan anda.


Jaringan dan Keamanan Data

1. Blackberry menggunakan layanan BIS (jalur khusus untuk pengguna BB) sehingga koneksi jarang terganggu.


2. Dengan mengaktifkan fungsi password, dan jika terjadi kehilangan terhadap blackberry, pencuri yang salah memasukan password akan menghapus seluruh data (wipe) di blackberry anda-sehingga data penting anda tidak gampang diambil.


3. Fitur firewallnya, sangat effective dalam memblokir sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan.


4. Fitu Blackberry yang mengadopsi sistem full backup/recover sebagian maupun sepenuhnya mempermudah user dalam membackup data - data penting.


5. Ketika mengganti unit blackberry baru, anda cukup menggunakan fungsi change device dan data-data penting beserta setting dan 3rd party software (jika compatible) tercopy dengan mudah ke device blackberry baru.


Kekurangan Blackberry


1. Untuk mendapatkan layanan Blackberry yang memuaskan seperti di atas, kita harus berlangganan BIS. Untuk setiap operator bisa berbeda. Jadi untuk selain mengeluarkan untuk biaya pulsa, juga mengeluarkan biaya untuk berlangganan BIS.


2. Tidak ada fitur Radio pada Blackberry , bagi anda pendengar Radio sebaiknya anda mengurungkan niat untuk membeli Blackberry karena BB tidak mendukung fitur ini , sehingga anda hanya bisa memainkan aplikasi bawaan maupun yang dijual via Blacberry World Apps. Selain itu banyak aplikasi Blackberry yang sifatnya tidak gratis, alias bayar dulu sebelum diinstal di handset BB.



3. Masalah model. BlackBerry mungkin kurang memperhatikan masalah model, karena hampir semua handphone BlackBerry berbasis QWERTY. Yang menjadi masalah, ketika orang sudah meninggalkan model QWERTY karena sudah tidak jaman, otomatis mereka akan berpindah ke model yang lain yang sedang banyak dipakai, itu berarti pihak BlackBerry harus merombak model Handphone BlackBerry jika model QWERTY sudah jarang digunakan.


4. Harga masih tergolong mahal untuk orang Indonesia. Ditambah lagi apabila terjadi kerusakan, seperti misalnya untuk Blackberry Bold Rollerballnya rusak, biaya servisnya masih mahal.

 

Keunggulan Android

1. Berbeda halnya dengan BB untuk Android anda tidak perlu bayar untuk download aplikasi. Didukung juga dengan akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Google Android App Market – Kalau Anda penggemar install aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market Anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang siap untuk Anda download di ponsel Android. . Ditambah lagi Aplikasi game 3D nya sangat stabil dan mantap.


2. Ponsel Android mendukung sistem Multitasking , dimana anda bisa menjalankan berbagai aplikasi, itu artinya Anda bisa browsing, Facebookan sambil mendengarkan .


3. Produk Android didukung penuh Google. Jadi kita dapat menikmati semua layanan google seperti gmail, youtube, dan fasilitas google lainnya.


4. Selain itu ponsel Android menggunakan sistem Real Time notification , sehingga setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun misscall sekalipun.



5. Produk Android merupakan ponsel yang terdiri dari pilihan ponsel yang beranekaragam . Android merupakan sistem yang ditanamkan pada ponsel , berbeda dengan iOs yang hanya terbatas pada iPhone produk Apple . Sedangkana android tersedia di ponsel dari berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson, Motorola, HTC sampai Samsung. Dan setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya, Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. Jadi Anda bisa leluasa memilih ponsel Android sesuai dengan ‘brand' yang anda sukai.


6. Harga relatif murah.


Kekurangan Android


1. Memerlukan koneksi Internet yang terus menerus , kebanyakan ponsel Android memerlukan koneksi internet yang terus aktif ,tentunya hal ini menyebabkan anda harus selalu dalam jangkauan GPRS dan tentunya bisa dibayangkan berapa pulsa yang anda harus keluarkan .


2. Aplikasi di Ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, namun konsekuensinya di setiap Aplikasi tersebut, akan selalu Iklan yang terpampang, entah itu bagian atas atau bawah aplikasi. Sehingga anda harus bersiap - siap iklan tersebut muncul secara tiba - tiba.


and the winner is




dari berbagai sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Total Pengunjung